Oct 30, 2011

PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA


PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA

A.    FAKTOR PENDORONG LAHIRNYA NASIONALISME INDONESIA
a.      FAKTOR INTERN
    1. Kisah Kejayaan Bangsa Indonesia
    2. Penderitaan Rakyat akibat Politik Drainage
    3. Diskriminasi Rasial
    4. Lahirnya Gol. Terpelajar

b.      FAKTOR EKSTERN
    1. Kemenangan Perang Jepang atas Rusia th. 1905
    2. Berkembangnya Paham Nasionalisme di Asia-Afrika
    3. Masuknya Paham-paham Baru

PAHAM-PAHAM BARU
1.      Liberalisme adalah suatu paham yang menghendaki adanya kebebasan individu dalam segala bidang.
2.      Demokrasi adalah suatu paham dimana kekuasaan tertinggi (kedaulatan) dalam suatu negara berada di tangan rakyat.
3.      Sosialisme adalah suatu paham kenegaraan dan berekonomi yang menghendaki kesejahteraan bersama / berusaha supaya harta, benda, industri, dan perusahaan menjadi milik negara/bersama.
4.      Nasionalisme adalah suatu paham (ajaran) dimana kesetiaan tertinggi individu diberikan kepada bangsa dan negara sendiri.

ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL
Dibagi menjadi 3 Masa, yaitu :
    1. Masa Awal Perkembangan: Boedi Oetomo(BO), Sarekat Islam (SI), Indische Partij (IP)
    2. Masa Radikal : Perhimpunan Indonesia (PI), Partai Komunis Indonesia(PKI), Partai Nasional Indonesia (PNI)
    3. Masa Moderat : Partai Indonesia(Partindo), Partai Nasional Indonesia (PNI Baru), Partai Indonesia Raya (Parindra)

1.      BOEDI OETOMO
a.       Didirikan : 20 Mei 1908 oleh para mahasiswa STOVIA di Batavia
b.      Ketua      :  Soetomo.
c.       Latar Belakang : Terbentuknya organisasi tersebut atas ide dr. Wahidin Soedirohoesodo yang sebelumnya telah berkeliling Jawa untuk menawarkan idenya membentuk Studiefounds. Gagasan Studiesfounds bertujuan untuk menghimpun dana guna memberikan beasiswa bagi pelajar yang berprestasi, namun tidak mampu melanjutnya studinya. Gagasan itu tidak terwujud, tetapi gagasan itu melahirkan BO.
d.      Tujuan BO adalah memajukan pengajaran dan kebudayaan.

2.      SAREKAT ISLAM (SI)
Pada tahun 1911 berdiri organisasi Sarekat Dagang Islam (SDI) di Solooleh H. Samanhudi. Organisasi SDI berdasar pada dua hal berikut ini.
a. Agama Islam.
b. Ekonomi, yakni untuk memperkuat diri dari pedagang Cina
Atas prakarsa H.O.S. Cokroaminoto, nama SDI kemudian diubah menjadi Sarekat Islam ( SI ) pada November 1912, dengan tujuan untuk memperluas anggota sehingga tidak hanya terbatas pada pedagang saja.
Tujuan SI sebagai berikut:
1.      Mengembangkan jiwa dagang
2.      Membantu para anggotanya yang mengalami kesulitan dalam bidang usaha (permodalan);
3.      Memajukan kepentingan rohani dan jasmani penduduk asli;
4.      Menentang pendapat-pendapat yang keliru tentang agama Islam.


Perkembangan SI
1.        Sarekat Islam berkembang menjadi organisasi massa yang pertama di Indonesia.
2.        SI merupakan gerakan nasionalis, demokratis danekonomis, serta berasaskan Islam dengan haluan kooperatif.
3.        Perkembangan SI yang begitu pesat menimbulkan kekhawatiran dari pihak Gubjend Indenberg sehingga permohonan SI sebagai organisasi nasional yang berbadan hukum ditolak dan hanya diperbolehkan berdiri secara lokal.
4.        Sifat SI yang demokratis dan berani serta berjuang terhadap kapitalisme menarik perhatian kaum sosialis kiri yang tergabung dalam Indische Social Democratische Vereeniging (ISDV) pimpinan Sneevliet (orang Belanda) masuk dalam diri SI yang menyebabkan tokoh SI Semarang(Semaun, dan Darsono) terpengaruh ajaran sosialis. Itulah sebabnya dalam perkembangannya SI pecah menjadi dua kelompok yaitu SI Putih dan SI Merah.SI Putih berfaham agama pimpinan H.O.S. Cokroaminotodan SI Merah berfaham komunis pimpinan Semaun dan Darsono.

3.      INDISCHE PARTIJ (IP)
a.       Didirikan   : 25 Desember 1912 di Bandung
b.      Tokoh Pendiri       : Tiga Serangkai, yang terdiri dari Douwes Dekker (Setyabudi Danudirjo), dr. Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara)
c.       Tujuan IP  : menyatukan semua golongan yang ada di Indonesia, baikgolongan Indonesia asli maupun golongan Indo, Cina, Arab, dan sebagainya. Mereka akan dipadukan dalam kesatuan bangsa dengan membutuhkan semangat nasionalisme Indonesia
Perkembangan IP
1.      Cita-cita IP banyak disebarluaskan melalui surat kabar De Expres.
2.      IP merupakan organisasi politik pertama di Indonesia berhaluan kooperasi dengan tujuan Indonesia Merdeka. Oleh karena itu pemerintah menolak untuk memberikan badan hukum dengan alasan IP bersifat politik dan hendak mengancam ketertiban umum.
3.      Tulisan Suwardi Suryaningrat yang berjudul Als ik een Nederlander was(seandainya saya seorang Belanda) yang isinya berupa sindiran terhadap ketidakadilan di daerah jajahan.
4.      Kegiatan IP sangat mencemaskan pemerintah Belanda maka pada bulan Agustus 1913 ketiga pemimpin IP dijatuhi hukuman pengasingan dan mereka memilih Negeri Belanda sebagai tempat pengasingannya

4.      PERHIMPUNAN INDONESIA (PI)
Perhimpunan Indonesia (PI) merupakan penjilmaan dari Indische Vereeniging
Ø  Didirikan   : Oleh Pelajar Indonesia yang belajar di Negeri Belanda pada tahun 1908 (Indische Vereeniging), 1922(Indonesische Vereeniging), 1925 (Perhimpunan Indonesia).
Ø  Tokoh Pendiri       : Sutan Kesayangan, R.N. Notokusumo, R.P. Sastrokartono, R. Husein Jayadiningrat, dan Notodiningrat.
Ø  Tujuan PI  : Menginginkan Indonesia merdeka
Asas PI
1.      PI akan berjuang untuk memperoleh suatu pemerintahan untuk Indonesia yang hanya bertanggung jawab kepada rakyat Indonesia.
2.      Kemerdekaan penuh bagi Indonesia akan dicapai dengan aksi bersama dan serentak oleh rakyat Indonesia.
3.      Untuk itu sangat diperlukan persatuan nasional yang murni di antara seluruh rakyat Indonesia dalam menentang penjajahan Belanda yang telah merusak kehidupan bangsa Indonesia.
Perkembangan PI
1.      Propaganda gagasan PI disebarluaskan melalui surat kabar Hindia Putra
2.      Kegiatan PI meningkat bersifat nasional-demokratis, non-koperasi, bahkan anti kolonial dan bersifat internasional
3.      PI ikut serta dalam organisasi internasional, seperti Liga Demokrasi Internasional di Paris (1926), Liga Penentang Imperialis dan Kolonialisme di Brusel (1927), Kongres Wanita Internasional di Swiss (1927), dan Liga Komintern di Berlin (1927).
4.      Dalam sidang pengadilan, Ir. Soerkarno mengadakan pembelaan dalam judul “Indonesia Menggugat”. Namun para pemimpin PNI dianggap mengganggu ketertiban umum dan menentang kekuasaan Belanda sehingga dijatuhi hukuman penjara di Penjara Sukamiskin Bandung. (22 Desember 1930)

5.      PARTAI KOMUNIS INDONESIA (PKI)
Benih-benih paham sosialisme dibawa masuk ke Indonesia oleh seorang Belanda yang bernama Sneevliet. Pada tanggal 9 Mei 1914 di Semarang, Sneevliet mendirikan Indische Social Democratische Vereeniging (ISDV). Ternyata ISDV tidak dapat berkembang sehingga Sneevliet melakukan infiltrasi/penyusupan kader-kadernya ke dalam tubuh SI dengan menjadikan anggota-anggota ISDV sebagai anggota SI, dan sebaliknya.
Didirikan                                  : Desember 1920 di Semarang
Susunan pengurus PKI            : Semaun (ketua), Darsono (wakil ketua), Bersgma (sekretaris), dan Dekker (bendahara)
Tujuan PKI                               : Mendidik kadernya secara khusus untuk menjadi tokoh-tokoh Marxisme tulen

Perkembangan PKI
1.  PKI semakin aktif dalam percaturan politik dan untuk menarik massa maka dalam propagandanya PKI menghalalkan secara cara.
2.     Mempergunakan kepercayaan rakyat kepada ayat-ayat Al -Qur'an dan Hadis bahkan juga Ramalan Jayabaya dan Ratu Adil untuk mendapat dukungan massa.
3.      Pada tanggal 13 November 1926 PKI melancarkan pemberontakan di Batavia dan disusul di daerah-daerah lain, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Di Sumatra Barat pemberontakan PKI dilancarkan pada tanggal 1 Januari 1927.
4.      Dalam waktu yang singkat semua pemberontakan PKI tersebut berhasil ditumpas. Akhirnya, ribuan rakyat ditangkap, dipenjara, dan dibuang ke Tanah Merah dan Digul Atas (Papua)

6.      PARTAI NASIONAL INDONESIA (PNI)
ü  Didirikan               : 4 Juli 1927 di Bandung
ü  Tokoh Pendiri       : Ir Soekarno sebagai ketuanya, dr. Cipto Mangunkusumo, Ir Anwari, Mr. Sartono, Mr. Iskak, Mr. Sunaryo, Mr. Budiarto, dan Dr. Samsi,.
ü  Tujuan PNI           : bekerja untuk kemerdekaan Indonesia

Asas PNI   
1.        Percaya pada diri sendiri, artinya memperbaiki keadaan politik, ekonomi, dan sosial budaya yang telah rusak oleh penjajah dengan kekuatan sendiri;
2.        Nonkooperatif, yakni tidak mengadakan kerja sama dengan pemerintah Belanda;
3.        Marhaenisme, yakni mengentaskan massa dari kemiskinan dan kesengsaraan.

Perkembangan PNI
1.      Propaganda gagasan PNI disebarluaskan melalui surat kabar, seperti Banteng Priangan di Bandung dan Persatuan Indonesia di Batavia, maupun lewat para pemimpin khususnya Ir.Soekarno sendiri.
2.      Awal tahun 1930 muncul isu bahwa PNI pada akanmengadakan pemberontakan maka pada tanggal 29 Desember 1929, pemerintah Hindia Belanda mengadakanpenggeledahan secara besarbesaran dan menangkap empat pemimpinnya, yaitu Ir. Soerkarno, Maskun, Gatot Mangunprojo dan Supriadinata.
3.      Dalam sidang pengadilan, Ir. Soerkarno mengadakan pembelaan dalam judul “Indonesia Menggugat”. Namun para pemimpin PNI dianggap mengganggu ketertiban umum dan menentang kekuasaan Belanda sehingga dijatuhi hukuman penjara di Penjara Sukamiskin Bandung. (22 Desember 1930)

2 comments:

  1. Wah bagus gan, jangan lupa kunjungi blog newbie saya
    rhayjustreal.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete